Internet Of Things

Pada post kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai sebuah video yang diunggah di youtube oleh akun bernama "Wyliodrin" berjudul "Lecture 1: Introduction to the Internet of Things". Melalui video https://www.youtube.com/watch?v=G4-CtKkrOmc&t=67s yang berdurasi 38 menit 34 detik ini Dr. Ing. Alexandru Radovic menjelaskan sebuah slide yang berjudul "Introduction to the Internet of Things".

secara umum, Internet of things adalah sebuah konsep bertujuan untuk memperluas penggunaan dan pemanfaatan internet dalam kehidupan. pada video ini dijelaskan bahwa kenapa internet of things ini ada/dibutuhkan ? karena secara alami kita ingin data yang komplit, benda yang dapat dikontrol, otomatis dan lebih cepat. 


Dijelaskan pula tentang komponen-komponen utama yang berperan dalam internet of things, setidaknya ada 4 komponen utama. secara singkat sebagai berikut:

1. sensor, merupakan unit yang bertugas mengumpulkan "value" dari lingkungan

2. local processing and storage, unit untuk memproses atau menyimpan "value" tersebut
3. network and internet, tentu karena ini adalah internet of things, koneksi internet pasti dibutuhkan
4. cloud processing and storage, sebagai unit yang ingin dieksploitasi pemanfaatanya.


konsep yang sangat menarik dijelaskan juga dalam video ini, yaitu open-source hardware. maksudnya adalah segala jenis hal seperti gambar mekanik, sematik, data layout PCB, source code HDL and integrasi sirkuit data layout sangat mudah didapatkan karena produsen hardware tersebut membukanya secara publik. Dengan begitu, siapa saja dapat mengembangkan hardware tersebut.

bagian yang menurut saya paling menarik adalah penjelasan tentang jenis-jenis microcontroller yang sangat lengkap. dimulai dari jenis-jenisnya, sugesti penggunaan, sampai review produk dari microcontroller yang banyak digunakan.


github akun yang saya gunakan https://github.com/ismailrajir/. berikut url ulasan 1 http://ismailrajir.blogspot.co.id/2016/12/internet-of-things.html. url youtube https://www.youtube.com/watch?v=G4-CtKkrOmc&t=67s dengan durasi 38:34.

revisi pertama : 11 Desember 2016
revisi terakhir  : 11 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar